EKONOMI MIKRO
pengertian ekonomi mikro dan contohnya
– Yang dimaksud dengan ekonomi mikro adalah suatu ilmu ekonomi yang
melihat dan menganalisis kegiatan-kegiatan ekonomi dengan menganalisis
bagian-bagian yang kecil dari keseluruhan kegiatan ekonomi.
Atau definisi ekonomi mikro yang lain
yaitu merupakan suatu cabang ilmu ekonomi yang mempelajari mengenai
perilaku konsumen dan perodusen serta penentuan dari harga pasar maupun
kuantitas faktor input, produk dan jasa yang diperjualbelikan dalam
pasar.
Kegiatan ekonomi mikro umumnya mengacu kepada ruang lingkup yang lebih kecil seperti misalnya: rumah tangga dan perusahaan. Contoh yang mendasar seperti interaksi di pasar yaitu kegiatan jual-beli antara penjual dan pembeli atau konsumen dan produsen.
Pada dasarnya konsumen selalu berusaha
untuk memuaskan seluruh keperluan atau kebutuhannya dan penjual selalu
berusaha untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal. Baca juga mengenai:
Pengertian ekonomi makro dan permasalahannya yang dihadapi.
A. Analisa pada ekonomi mikro
Analisa ekonomi mikro dibagi menjadi 3, diantaranya seperti di bawah ini:
1. Teori harga
Yaitu sebagai dasar untuk menganalisa
interaksi antara penawaran dan permintaan barang atau jasa yang ada
dalam pasar serta berbagai macam faktor yang dapat mempengaruhinya. Yang
di analisa seperti:
- Proses dari pembentukan harga yang dipengaruhi oleh interaksi antar permintaan dan penawaran suatu produk atau jasa didalam suatu pasar.
- Lalu faktor-faktor yang dapat mempengaruhi perubahan permintaan maupun perubahan penawaran.
- Selanjutnya hubungan antara harga permintaan dan penawaran.
- Bentuk-bentuk pasar.
- Dan konsep elastisitas permintaan dan penawaran.
2. Teori produksi
Yaitu sebagai dasar untuk menganalisa biaya produksi dan tingkat dari produksi. Yang dianalisa seperti:
- Masalah mengenai biaya produksi barang atau jasa.
- Lalu tingkat produksi yang paling menguntungkan bagi pihak produsen.
- Dan kombinasi dari faktor produksi yang harus dipilih oleh produsen supaya tujuan mendapatkan laba yang maksimal bisa tercapai.
3. Teori distribusi
Yaitu teori yang menganalisa ekonomi
mikro mengenai upah karyawan atau tenaga kerja, besarnya bunga yang
perlu dibayarkan kepada pemilik modal dan besarnya keuntungan yang
didapatkan oleh produsen.
B. Aktivitas unit-unit dari ekonomi yang dikaji dalam ekonomi mikro
Adapun aktivitas unit-unit dari ekonomi yang dikaji dalam ekonomi mikro, diantaranya seperti di bawah ini:
- Yang pertama, mempelajari mengenai bagaimana perilaku seseorang sebagai konsumen atau pembeli, sebagai pemilik dari sumber ekonomi dan sebagai produsen.
- Yang kedua, mempelajari bagaimana arus dari perputaran barang ataupun jasa yang dimulai dari produsen sampai kepada konsumen.
- Yang ketiga, mempelajari mengenai bagaimana harga-harga barang atau jasa dapat dibentuk.
- Yang keempat, mempelajari mengenai bagaimana pihak produsen dalam menentukan tingkat produksinya supaya dapat tercapai keuntungan yang maksimal.
- Dan yang kelima, mempelajari menganai bagaimana konsumen mengalokasikan penghasilannya yang terbatas untuk mendapatkan produk atau jasa yang dibutuhkannya sehingga bisa tercapai kepuasan yang maksimal.
C. Komponen yang terdapat pada ekonomi mikro
1. Interaksi di Pasar Barang
Hal pertama yang dijelaskan dalam teori
ekonomi mikro yaitu tentang aktivitas suatu pasar barang. Dilihat dari
segi pandangan ekonomi mikro, suatu perekonomian adalah gabungan bari
berbagai jenis pasar, termasuk pasar barang. Maka untuk mengenal corak
dari kegiatan suatu perekonomian, perlu untuk memperhatikan corak dari
suatu pasar barang.
Aktivitas tawar menawar mengenai harga
barang yang dilakukan oleh penjual dan pembeli di pasar. Kegiatan ini
dilakukan dengan tujuan untuk membentuk harga yang sesuai dengan
kesepakatan dari kedua belah pihak. Pembentukan harga barang terjadi
melalui proses interaksi permintaan dan penawaran antar pihak penjual
dan pembeli, dan kesepakatan harga dapat menghasilkan keseimbangan.
Dengan mendalami ekonomi mikro dapat diketahui persoalan yang sedang
terjadi dalam interaksi di dalam pasar.
2. Tingkah Laku Penjual dan Pembeli
Lalu hal yang dijelaskan dalam teori
ekonomi mikro yaitu mengenai tingkah laku konsumen dan produsen atau
pembeli dan penjual di dalam pasar. Kegiatan produsen dan konsumen pada
kegiatan ekonomi dilandasi oleh tujuan mereka masing-masing. Dalam
ekonomi mikro dibahas mengenai upaya konsumen dalam mencukupi kebutuhan
dengan pendapatannya yang sangat terbatas, dan sementara itu perilaku
produsen dibahas tentang upaya bagaimana produsen dalam memperoleh
keuntungan yang maksimal. Anggapan yang dipakai dalam menganalisis
prilaku konsumen dan produsen dalam kegiatan ekonomi yaitu sebagaimana
berikut ini:
- Yang pertama, pihak produsen dan konsumen melakukan kegiatan ekonomi secara rasional.
- Yang kedua, konsumen berusaha mendapatkan kepuasan yang maksimal dengan dana yang sangat terbatas.
- Yang ketiga, produsen berusaha mendapatkan keuntungan yang maksimal dengan pengorbanan tertentu.
3. Interaksi di Pasaran
Dan hal terpenting lainnya yang dibahas
dalam teori ekonomi mikro yaitu interaksi antara konsumen dan produsen
atau penjual dan pembeli di pasaran faktor-faktor produksi. Pasar faktor
produksi menyediakan faktor-faktor produksi yang diperlukan oleh pihak
produsen untuk dapat melakukan kegiatan produksinya. Faktor produksi
diantaranya seperti: SDA (sumber daya alam), SDM (Sumber daya manusia),
modal dan kewirausahaan. Faktor-faktor produksi tersebut disediakan oleh
rumah tangga konsumen, atas penyediaan dari faktor-faktor produksi
rumah tangga konsumen akan mendapatkan balasan jasa. Di pasar faktor
produksi juga akan terjadi tawar-menawar antar produsen dan konsumen
dalam pembentukan harga.
Itulah tulisan yang membahas tentang pengertian ekonomi mikro,
jika terdapat kekurangan atau kesalahan perbaiki dan lengkapi saja oleh
kamu sendiri. Jika tulisan ini bermanfaat apa salahnya jika di Share ke
teman kamu yang lain.
Sumber: http://www.pengertianku.net/2015/07/pengertian-ekonomi-mikro-dan-contohnya.html