Pengantar Bisnis
What
is a business?
- Business is the organized effort of individuals to produce and sell for a profit, the goods and services that satisfy society needs
- Bisnis adalah suatu kegiatan usaha individu yang teroganisasi untuk menghasilkan dan menjual barang dan jasa guna mendapatkan keuntungan dalam memenuhi dan memuaskan kebutuhan dari masyarakat
Pengertian Bisnis
- Menurut Kismono (2001) bisnis merupakan proses sosial yang dilakukan setiap individu atau kelompok melalui proses penciptaan dan pertukaran kebutuhan dan keinginan akan suatu produk tertentu yang memiliki nilai atau memperoleh manfaat atau keuntungan.
- Bisnis adalah seluruh kegiatan yang diorganisasikan oleh orang orang yang berkecimpung dalam bidang perniagaan dan industri yang menyediakan barang dan jasa untuk mempertahankan dan memperbaiki standar serta kualitas hdup mereka
Pelaku
Bisnis
- Entrepreneur adalah Seseorang atau individu yang berusaha menggunakan uang dan waktunya dengan menanggung resiko dalam menjalankan kegiatan bisnis
- Untuk menjalankan bisnisnya seorang entrepreneur harus mampu mengelola dan mengkombinasikan berbagai macam sumber daya yang dimiliki (Man, Money, Material, Method, Market, Machine) sehingga mampu berproduksi secara optimal
Mengapa Perlu Bisnis
- satisfy needs and wants = customer satisfaction
- profit and continuity
Mengapa Perlu Bisnis
karena melalui kegiatan bisnis suatu perusahaan akan
dapat memenuhi kebutuhan (needs), keinginan (wants) dari masyarakat konsumen
yang beraneka ragam, sehingga konsumen merasa terpuaskan (customer
satisfaction)
Bisnis = Perusahaan
Raymond E Glosh (2001) perusahaan dapat
didefinisikan sebagai organisasi yang memproses perubahan keahlian dan sumber
daya ekonomi menjadi barang dan jasa bagi pemuasan kebutuhan konsumen, serta
diharapkan akan memperoleh laba bagi pemiliknya.
Bisnis = Perusahaan
Dengan demikian dikatakan bahwa konsep perusahaan
merupakan bagian dari konsep bisnis, namun demikian dalam pembahasan
selanjutnya istilah “bisnis” akan lebih sering dipergunakan daripada
“perusahaan”.
Konsep Lingkungan Bisnis
- Adalah sekumpulan faktor faktor tertentu yang akan mempengaruhi arah kebijakan dari suatu perusahaan dalam mengelola aktifitas bisnisnya
- Faktor tersebut meliputi lingkungan eksternal yang dibagi dalam lingkungan jauh (makro) yaitu politik ekonomi, sosial budaya teknologi, dan lingkungan industri
- Lingkungan internal yaitu meliputi aspek aspek dan kebijakan internal didalam lingkungan perusahaan
Chapter
Planning
a Business
Zarmi
Mazridanto
Sasaran Pembelajaran
- Identifikasi stakeholders kunci yang terkait dengan bisnis.
- Menjelaskan fungsi kunci sebuah bisnis
- Menjelaskan bagaimana membangun rencana bisnis.
5 pemegang kepentingan kunci dalam
sebuah perusahaan
Owners:
Mengorganisasi,
mengelola, dan menanggung resiko bisnis..
Creditors:
Penyedia
pinjaman untuk memulai bisnis.
Employees:
Karyawan
yang direkrut untuk menyelenggarakan bisnis.
Suppliers:
Penyedia
material yang dibutuhkan untuk produksi.
Pembelian
produk untuk memuaskan kebutuhannya.
Tujuan
Manajer
Memaksimalkan
Nilai Firma.
Tiga keputusan perusahaan
Langkah-langkah
untuk menciptakan sebuah ide bisnis
Identifikasi
kebutuhan pelanggan:
Riset pasar.
Penilaian lingkungan perusahaan:
Industrial,
ekonomi, dan lingkungan global.
Rencana Bisnis
Untuk Siapa?
For
the Entrepreneur.
For
Investors and Creditors.
Apa yang disediakan-Nya?
Uraian
yang terperinci menyangkut bisnis yang diusulkan, mencakup jenis pelanggan,
kompetisi, dan fasilitas yang perlu untuk produksi..
Bagian Rencana Bisnis
Cover
Letter
Bagian 1
Ringkasan eksekutif
Bagian 2 Latar belakang perusahaan
Bagian 3 Tim Manajemen
Bagian 4 Rencana Keuangan
Bagian
5 Rencana Pemasaran
Bagian 6 Analisis Lokasi
Bagian 7 Rencana Manufaktur
Bagian 8 Appendix
Rencana Bisnis : Bagian Manajemen
•
Struktur Organisasi
Mengindentifikasi aturan dan
tanggungjawab masing-masing karyawan firma.
•
Produksi
Keputusan tentang proses, lokasi,
dan fasilitas produksi.
•
Sumberdaya Manusia
Menghimpun lingkungan kerja yang akan
memotivasi karyawan guna meraih kesuksesan bisnis.
Rencana Bisnis: Bagian Pemasaran
•
Target Market: Profil
pelanggan sasaran.
•
Product Characteristics: Deskripsi rinci tentang produk.
•
Pricing: Harga
atas produk.
•
Distribution: Bagaimana
produk akan didapat pelanggan.
•
Promotion:
Bagaimana produk akan di
komunikasikan kepada target
market.
Rencana Bisnis : Bagian Keuangan
•
Kelayakan
Perkiraan
biaya-biaya dan benefits bisnis,
termasuk perkiraan penjualan dan seluruh
biaya.
•
Keuangan
perusahaan
Ringkasan
pengeluaran yang dibutuhkan untuk memulai bisnis.
Pertimbangan dalam menilai sebuah
Rencana Bisnis
Potensi
penghasilan
Permintaan
produk dan jasa
Biaya
Produksi
Keseluruhan potensi
kemampuan laba