بِــــــسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيـــمِ
SELAMAT DATANG DI BLOG ZARMI SUKSES - TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA

SELAMAT BAHAGIA

SELAMAT BERBAHAGIA

SELAMAT BERBAHAGIA

MENU

.

Radio Online Minang Cimbuak                Radio Online Minang Cimbuak

Selasa, 20 Mei 2014

PENGANTAR BISNIS

http://zarmiekonomi.blogspot.com/

Pengantar Bisnis 

What is a business?
  1. Business is the organized effort of individuals to produce and sell for a profit, the goods and services that satisfy society needs
  2. Bisnis adalah suatu kegiatan usaha individu yang teroganisasi untuk menghasilkan dan menjual barang dan jasa guna mendapatkan keuntungan dalam memenuhi dan memuaskan kebutuhan dari masyarakat
Pengertian Bisnis
  1. Menurut Kismono (2001) bisnis merupakan proses sosial yang dilakukan setiap individu atau kelompok melalui proses penciptaan dan pertukaran kebutuhan dan keinginan akan suatu produk tertentu yang memiliki nilai atau memperoleh manfaat atau keuntungan.
  2. Bisnis adalah seluruh kegiatan yang diorganisasikan oleh orang orang yang berkecimpung dalam bidang perniagaan dan industri yang menyediakan barang dan jasa untuk mempertahankan dan memperbaiki standar serta kualitas hdup mereka
Pelaku  Bisnis
  1. Entrepreneur adalah Seseorang atau individu yang berusaha menggunakan uang dan waktunya dengan menanggung resiko dalam menjalankan kegiatan bisnis
  2. Untuk menjalankan bisnisnya seorang entrepreneur harus mampu  mengelola dan mengkombinasikan berbagai macam sumber daya yang dimiliki (Man, Money, Material, Method, Market, Machine) sehingga mampu berproduksi secara optimal
Mengapa Perlu  Bisnis
  1. satisfy needs and wants = customer satisfaction
  2. profit and continuity


Mengapa Perlu  Bisnis
karena melalui kegiatan bisnis suatu perusahaan akan dapat memenuhi kebutuhan (needs), keinginan (wants) dari masyarakat konsumen yang beraneka ragam, sehingga konsumen merasa terpuaskan (customer satisfaction)
Bisnis = Perusahaan
Raymond E Glosh (2001) perusahaan dapat didefinisikan sebagai organisasi yang memproses perubahan keahlian dan sumber daya ekonomi menjadi barang dan jasa bagi pemuasan kebutuhan konsumen, serta diharapkan akan memperoleh laba bagi pemiliknya.
Bisnis = Perusahaan
Dengan demikian dikatakan bahwa konsep perusahaan merupakan bagian dari konsep bisnis, namun demikian dalam pembahasan selanjutnya istilah “bisnis” akan lebih sering dipergunakan daripada “perusahaan”.
Konsep Lingkungan Bisnis
  1. Adalah sekumpulan faktor faktor tertentu yang akan mempengaruhi arah kebijakan dari suatu perusahaan dalam mengelola aktifitas bisnisnya
  2. Faktor tersebut meliputi lingkungan eksternal yang dibagi dalam lingkungan jauh (makro) yaitu politik ekonomi, sosial budaya teknologi,  dan lingkungan industri
  3. Lingkungan internal yaitu meliputi aspek aspek dan kebijakan internal didalam lingkungan perusahaan




Chapter
Planning a Business
Zarmi Mazridanto
Sasaran Pembelajaran
  1. Identifikasi stakeholders kunci yang terkait dengan bisnis.
  2. Menjelaskan fungsi kunci sebuah  bisnis
  3. Menjelaskan bagaimana membangun rencana bisnis.

5 pemegang kepentingan kunci dalam sebuah perusahaan

Œ  Owners:
                        Mengorganisasi, mengelola, dan menanggung resiko bisnis..
  Creditors:
                        Penyedia pinjaman untuk memulai bisnis.
Ž  Employees:
                        Karyawan yang direkrut untuk menyelenggarakan bisnis.
  Suppliers:
                        Penyedia material yang dibutuhkan untuk produksi.
  Customers:
                        Pembelian produk untuk memuaskan kebutuhannya.


 
Tujuan Manajer
  Memaksimalkan Nilai Firma.


Lima fungsi kunci dalam perusahaan

http://zarmiekonomi.blogspot.com/

Tiga keputusan perusahaan

http://zarmiekonomi.blogspot.com/

Langkah-langkah untuk menciptakan sebuah ide bisnis
  Identifikasi kebutuhan pelanggan:
             Riset pasar.
   Penilaian lingkungan perusahaan:
             Industrial, ekonomi, dan lingkungan global.

Rencana Bisnis

Untuk Siapa?
  For the Entrepreneur.
  For Investors and Creditors. 

Apa yang disediakan-Nya?
Uraian yang terperinci menyangkut bisnis yang diusulkan, mencakup jenis pelanggan, kompetisi, dan fasilitas yang perlu untuk produksi.. 
 
Bagian Rencana Bisnis

Cover Letter
Bagian 1 Ringkasan eksekutif
Bagian 2 Latar belakang perusahaan
Bagian 3 Tim Manajemen
Bagian 4 Rencana Keuangan
Bagian 5 Rencana Pemasaran
Bagian 6 Analisis Lokasi
Bagian 7 Rencana Manufaktur
Bagian 8 Appendix

Rencana Bisnis : Bagian Manajemen
         Struktur Organisasi
            Mengindentifikasi aturan dan tanggungjawab masing-masing karyawan firma.
         Produksi
            Keputusan tentang proses, lokasi, dan fasilitas produksi.
         Sumberdaya Manusia
 Menghimpun lingkungan kerja yang akan memotivasi karyawan guna meraih kesuksesan bisnis.

Rencana Bisnis: Bagian Pemasaran

         Target Market:                   Profil pelanggan sasaran.
         Product Characteristics:     Deskripsi rinci tentang produk.
         Pricing:            Harga atas produk.
         Distribution:    Bagaimana produk  akan        didapat pelanggan.
         Promotion:      Bagaimana produk akan di komunikasikan kepada target market.

Rencana Bisnis : Bagian Keuangan
         Kelayakan
            Perkiraan biaya-biaya dan  benefits bisnis, termasuk perkiraan penjualan dan seluruh  
             biaya.
         Keuangan perusahaan
            Ringkasan pengeluaran yang dibutuhkan untuk memulai bisnis.



Pertimbangan dalam menilai sebuah Rencana Bisnis
  Potensi penghasilan
  Permintaan produk dan jasa
  Biaya Produksi
Keseluruhan potensi kemampuan laba