suatu kegiatan usaha individu yang teroganisasi untuk
menghasilkan dan menjual barang dan jasa guna mendapatkan keuntungan dalam
memenuhi dan memuaskan kebutuhan dari masyarakat
- Menurut Kismono (2001) bisnis merupakan proses sosial yang dilakukan setiap individu atau kelompok melalui proses penciptaan dan pertukaran kebutuhan dan keinginan akan suatu produk tertentu yang memiliki nilai atau memperoleh manfaat atau keuntungan.
- Bisnis adalah seluruh kegiatan yang diorganisasikan oleh orang orang yang berkecimpung dalam bidang perniagaan dan industri yang menyediakan barang dan jasa untuk mempertahankan dan memperbaiki standar serta kualitas hdup mereka
1.
Entrepreneur adalah Seseorang atau individu yang
berusaha menggunakan uang dan waktunya dengan menanggung resiko dalam
menjalankan kegiatan bisnis
2.
Untuk menjalankan bisnisnya seorang entrepreneur
harus mampu mengelola dan
mengkombinasikan berbagai macam sumber daya yang dimiliki (Man, Money,
Material, Method, Market, Machine) sehingga mampu berproduksi secara optimal
Dengan demikian dikatakan bahwa konsep perusahaan merupakan
bagian dari konsep bisnis, namun demikian dalam pembahasan selanjutnya istilah
“bisnis” akan lebih sering dipergunakan daripada “perusahaan”.
- Adalah sekumpulan faktor faktor tertentu yang akan mempengaruhi arah kebijakan dari suatu perusahaan dalam mengelola aktifitas bisnisnya
- Faktor tersebut meliputi lingkungan eksternal yang dibagi dalam lingkungan jauh (makro) yaitu politik ekonomi, sosial budaya teknologi, dan lingkungan industri
- Lingkungan internal yaitu meliputi aspek aspek dan kebijakan internal didalam lingkungan perusahaan
Owners:
Mengorganisasi,
mengelola, dan menanggung resiko bisnis..
Creditors:
Penyedia
pinjaman untuk memulai bisnis.
Employees:
Karyawan
yang direkrut untuk menyelenggarakan bisnis.
Suppliers:
Penyedia
material yang dibutuhkan untuk produksi.
Customers:
Pembelian
produk untuk memuaskan kebutuhannya.
Management
Marketing
Accounting
Finance
Information
Systems
Tiga keputusan perusahaan
Management Decisions
Marketing Decisions
Finance Decisions
Identifikasi kebutuhan pelanggan:
Identifikasi kebutuhan pelanggan:
Riset pasar.
Penilaian lingkungan perusahaan:
Industrial, ekonomi, dan lingkungan global.
1.
Cover Letter
2.
Bagian 1 Ringkasan eksekutif
3.
Bagian 2 Latar belakang perusahaan
4.
Bagian 3 Tim Manajemen
5.
Bagian 4 Rencana Keuangan
6.
Bagian 5 Rencana Pemasaran
7.
Bagian 6 Analisis Lokasi
8.
Bagian 7 Rencana Manufaktur
9.
Bagian 8 Appendix
•
Struktur Organisasi
Mengindentifikasi
aturan dan tanggungjawab masing-masing karyawan firma.
•
Produksi
Keputusan
tentang proses, lokasi, dan fasilitas produksi.
•
Sumberdaya Manusia
Menghimpun lingkungan
kerja yang akan memotivasi karyawan guna meraih kesuksesan bisnis.
•
Target Market: Profil
pelanggan sasaran.
•
Product Characteristics: Deskripsi rinci tentang produk.
•
Pricing:
Harga atas produk.
•
Distribution: Bagaimana
produk akan didapat pelanggan.
•
Promotion: Bagaimana produk akan di
komunikasikan kepada target market.
- Kelayakan
i.
Perkiraan biaya-biaya dan benefits bisnis, termasuk perkiraan penjualan
dan seluruh biaya.
- Keuangan perusahaan
i.
Ringkasan pengeluaran yang dibutuhkan untuk
memulai bisnis.
Pertimbangan dalam menilai sebuah Rencana Bisnis
Potensi
penghasilan
Permintaan
produk dan jasa
Biaya
Produksi
Keseluruhan
potensi kemampuan laba
BY ZARMI SUKSES
BY ZARMI SUKSES