بِــــــسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيـــمِ
SELAMAT DATANG DI BLOG ZARMI SUKSES - TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA

SELAMAT BAHAGIA

SELAMAT BERBAHAGIA

SELAMAT BERBAHAGIA

MENU

.

Radio Online Minang Cimbuak                Radio Online Minang Cimbuak

Selasa, 25 November 2014

PENGERTIAN BISNIS




suatu kegiatan usaha individu yang teroganisasi untuk menghasilkan dan menjual barang dan jasa guna mendapatkan keuntungan dalam memenuhi dan memuaskan kebutuhan dari masyarakat

  1. Menurut Kismono (2001) bisnis merupakan proses sosial yang dilakukan setiap individu atau kelompok melalui proses penciptaan dan pertukaran kebutuhan dan keinginan akan suatu produk tertentu yang memiliki nilai atau memperoleh manfaat atau keuntungan.
  2. Bisnis adalah seluruh kegiatan yang diorganisasikan oleh orang orang yang berkecimpung dalam bidang perniagaan dan industri yang menyediakan barang dan jasa untuk mempertahankan dan memperbaiki standar serta kualitas hdup mereka

1.       Entrepreneur adalah Seseorang atau individu yang berusaha menggunakan uang dan waktunya dengan menanggung resiko dalam menjalankan kegiatan bisnis
2.       Untuk menjalankan bisnisnya seorang entrepreneur harus mampu  mengelola dan mengkombinasikan berbagai macam sumber daya yang dimiliki (Man, Money, Material, Method, Market, Machine) sehingga mampu berproduksi secara optimal

Dengan demikian dikatakan bahwa konsep perusahaan merupakan bagian dari konsep bisnis, namun demikian dalam pembahasan selanjutnya istilah “bisnis” akan lebih sering dipergunakan daripada “perusahaan”.
  1. Adalah sekumpulan faktor faktor tertentu yang akan mempengaruhi arah kebijakan dari suatu perusahaan dalam mengelola aktifitas bisnisnya
  2. Faktor tersebut meliputi lingkungan eksternal yang dibagi dalam lingkungan jauh (makro) yaitu politik ekonomi, sosial budaya teknologi,  dan lingkungan industri
  3. Lingkungan internal yaitu meliputi aspek aspek dan kebijakan internal didalam lingkungan perusahaan


Œ  Owners:
                                Mengorganisasi, mengelola, dan menanggung resiko bisnis..
  Creditors:
                                Penyedia pinjaman untuk memulai bisnis.
Ž  Employees:
                                Karyawan yang direkrut untuk menyelenggarakan bisnis.
  Suppliers:
                                Penyedia material yang dibutuhkan untuk produksi.
  Customers:
                                Pembelian produk untuk memuaskan kebutuhannya.

Œ  Management
Œ  Marketing
Œ  Accounting
Œ  Finance
Œ  Information Systems

Tiga keputusan perusahaan
Management Decisions
Marketing Decisions
Finance Decisions
   
Identifikasi kebutuhan pelanggan:
                 Riset pasar.
  Penilaian lingkungan perusahaan:
                 Industrial, ekonomi, dan lingkungan global.

1.       Cover Letter
2.       Bagian 1 Ringkasan eksekutif
3.       Bagian 2 Latar belakang perusahaan
4.       Bagian 3 Tim Manajemen
5.       Bagian 4 Rencana Keuangan
6.       Bagian 5 Rencana Pemasaran
7.       Bagian 6 Analisis Lokasi
8.       Bagian 7 Rencana Manufaktur
9.       Bagian 8 Appendix

          Struktur Organisasi
                Mengindentifikasi aturan dan tanggungjawab masing-masing karyawan firma.
          Produksi
                Keputusan tentang proses, lokasi, dan fasilitas produksi.
          Sumberdaya Manusia
 Menghimpun lingkungan kerja yang akan memotivasi karyawan guna meraih kesuksesan bisnis.

          Target Market:                  Profil pelanggan sasaran.
          Product Characteristics:     Deskripsi rinci tentang produk.
          Pricing:                            Harga atas produk.
          Distribution:                      Bagaimana produk  akan  didapat pelanggan.
          Promotion:                      Bagaimana produk akan                                                                                                      di komunikasikan kepada target market.

  1. Kelayakan
                                                               i.      Perkiraan biaya-biaya dan  benefits bisnis, termasuk perkiraan penjualan dan seluruh biaya.
  1. Keuangan perusahaan
                                                               i.      Ringkasan pengeluaran yang dibutuhkan untuk memulai bisnis.

Pertimbangan dalam menilai sebuah Rencana Bisnis
  Potensi penghasilan
  Permintaan produk dan jasa
  Biaya Produksi
  Keseluruhan potensi kemampuan laba

BY ZARMI SUKSES