بِــــــسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيـــمِ
SELAMAT DATANG DI BLOG ZARMI SUKSES - TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA

SELAMAT BAHAGIA

SELAMAT BERBAHAGIA

SELAMAT BERBAHAGIA

MENU

.

Radio Online Minang Cimbuak                Radio Online Minang Cimbuak

Kamis, 21 Mei 2015

Analisa Sistem Yang Baru



BAB IV
HASIL PENELITIAN

4.1              Analisa Sistem Yang Baru
4.1.2 Aliran Sistem Informasi Yang Baru
     Permasalahan yang dihadapi oleh PT. MASTER pada sistem yang lama yaitu Microsoft Excel semakin hari semakin bertambah, hal ini terlihat dari semakin banyaknya ditemukan kesalahan-kesalahan dalam laporan data keuangan, misalnya terjadi pembengkakan biaya pada salah satu account perkiraan karena kesalahan dalam mengelompokkan perkiraan tersebut. Untuk mengatasi masalah yang terjadi pada PT. MASTER, maka manajemen perusahaan akhirnya memutuskan untuk melakukan perubahan yaitu dengan mengganti sistem yang lama menjadi sistem yang baru dengan menggunakan MYOB Premier Versi 7.5
 Perubahan yang dilakukan tidak mempengaruhi pihak-pihak lain namun hanya melibatkan aliran sistem informasi yang digunakan dalam proses pengolahan transaksi dan  proses pembuatan laporan keuangan. Pada sistem yang lama dalam proses pembuatan laporan keuangan banyak menggunakan proses secara manual, sedangkan pada sistem yang baru proses yang dilakukan dalam pembuatan laporan keuangan sudah menggunakan komputerisasi sehingga proses pengolahan data transaksi dapat dilakukan dengan cepat.
PT. MASTER lambat laun mulai mengalami perubahan yang membawa dampak positif bagi perusahaan khususnya dalam proses penbuatan laporan keuangan, perubahan yang terjadi sangat dirasakan  oleh bagian Accounting dimana awalnya pada sistem yang lama yaitu menggunakan program Microsoft Excel dalam menyusun laporan keuangan masih banyak proses yang dilakukan secara manual sehingga harus membutuhkan waktu yang banyak untuk melakukan pekerjaan tersebut. 
Pada sistem yang baru yaitu dengan menggunakan MYOB Premier Versi 7.5 proses laporan keuangan dapat dilakukan dengan cepat karena pekerjaan yang awalnya harus dilakukan dua kali pada sistem yang lama, pada sistem yang baru dapat dilakukan sekaligus karena program MYOB Premier Versi 7.5 dapat melakukan proses secara otomatis, misalnya dalam proses pengolahan transaksi penjualan. Pada saat Accounting menginput data transaksi maka secara otomatis jurnal dari transaksi tersebut dapat ditampilkan, hal ini membuat pekerjaan Accounting dapat diselesaikan dengan cepat .